logo

logo

Menjaga Takdir Usia Melalui Telomer


Sepertinya saya memberi judul artikel ini terlalu mainstream. Seperti halnya jodoh dan rezeki, maut pun sudah ditakdirkan sama Tuhan. Namun, ada hal yang perlu kita ketahui bahwa ketiganya adalah takdir yang kita sendiri menjemputnya dengan usaha kita. Jika ingin rezeki ya bekerja, jika ingin jodoh ya dicari, jika ingin panjang umur ya dijaga kesehatannya. Jadi ceramah nih...

Oke, seperti tulisan saya sebelumnya mengenahi pengertian telomer dan sejarahnya serta formula rahasianya yang sudah saya bahas di artikel Telomer: Rahasia Keabadian Sel Tubuh, dan kali ini saya akan membahas tentang peranan dari telomer.

Klik gambar untuk memperbesar! Ujung kromosom yang baik memiliki topi kecil seperti ujung tali sepatu di bagian ujung yang disebut telomer. Setiap kali sel membelah, ukuran telomer menjadi lebih pendek, seperti tali usang. Anda perlu memperbaiki ulang ujung tali sepatu tersebut dengan enzim telomerase

Telomer berfungsi untuk menjaga agar DNA kita tidak mengalami aberasi yang berlebihan yang dibantu rekannya yakni enzim telomerase. Pentinganya agar telomer tidak memendek terlalu ekstrim, maka kita perlu yang namanya menjaga pola hidup sehat kita. Tugas kita adalah memperkuat ujung plastik tali sepatu kita yang disebut dengan telomer. Karena tiap kali membelah ujung plastik terebut rusak dan menjadi usang. Untuk memperbaikinya kita butuh yang namanya enzim telomerase agar ujung tali sepatu tersebut tetap membaik dan tidak mudah terurai alias memendek.

Banyak sekali jurnal penelitian yang saya temukan yang menyebutkan bahwa telomer pendek berkaitan dengan usia dan penyakit (Jika membutuhkan Jurnal bisa request ke saya). Berikut adalah grafis korelasi antara usia dan panjang telomer:



Sekarang kita sudah tahu bahwa usia mempengaruhi panjang telomer, namun ada juga usia masih muda namun memiliki telomer yang pendek yang dikenal dengan istilah progeria. Penderita genetis ini mengalami penuaan sebelum waktunya.

Sam Berns yang usia masih 13 tahun mengalami progeria.

Penyebab dan Akibat Telomer Memendek
Tentu saja penyebab memendeknya telomer banyak hal seperti genetis, usia, dan tentunya lingkungan. Saat ini faktor lingkungan paling mendominasi untuk memendeknya telomer seperti pola hidup tidak sehat, stress, kegemukan, merokok, dan kelebihan lemak perut. Sebagai akibat dari telomer memendek adalah selain penuaan juga memicu penyakit seperti kanker, serangan jantung, dan beberapa penyakit lain.




So, mulai saat ini mari kita jaga telomer kita dengan cara berikut:

  1. Memberikan nutrisi tubuh seperti: Vitamin B, Vitamin D, Antioksidan, Minyak Ikan, dan Resveratol.
  2. Menjaga berat badan
  3. Menjaga lemak perut
  4. Mengurangi stress
  5. Olah raga
  6. Tidak merokok

Untuk memperoleh informasi Formula Telomer, Silahkan menghubungi:
Mh. Badrut Tamam, M. Sc.
Phone: 081332137404, 085743497216 (Indonesia)
email: info@generasibiologi.com






Subscribe to receive free email updates: