logo

logo

Telomer: Rahasia Keabadian Sel Tubuh


Sekitar tahun 2011, usai mata kuliah Genetika Sel di Kampus Pascasarjana Biologi UGM, saya dan teman sekampus membahas bagaimana caranya mempertahankan telomer dalam sel agar kita bisa awet muda dan panjang umur. Kami hanya memprediksi pasti ada sesuatu terobosan untuk membantu mempertahankan telomer agar tidak memendek. Kami pun menutup obrolan ringan dengan jawaban "pengharapan". 

Pengertian Telomer
Well, apa itu telomer? Telomer adalah bagian ujung kromosom yang berfungsi agar kromosom tidak memendek saat pembelahan sel terjadi. Bagi sahabat yang masih awam, bayangkan di dalam tubuh kita ada yang namanya gen yang tersimpan dalam bentuk kromosom yang panjang seperti tali sepatu dan ujung tali sepatu ada plastik seperti sedotan agar untaian tidak terurai dan itulah gambaran dari telomer. Kromosom sendiri terletak di dalam inti sel. Ingat inti sel loh ya...!!! Sel saja kecil apalagi intinya, dan ini malah di dalam inti sel. Subhanallah... Sementara untuk menjaga ujung "tali sepatu" tersebut dibutuhkan enzim yang dinamakan telomerase (pake imbuhan -ase).

Telomer alias ujung kromosom yang pendek akan semakin menua usia bioligis manusia.

Sejarah Penemuan Telomer
Telomer pertama kali ditemukan oleh  Elizabeth Blackburn di Yale University bersama Joseph Gall dan dipublikasikan pada tahun 1978. Kemudian pada tahun Elizabeth Blackburn, Carol Greider, dan Jack Szostak memenangkan hadiah nobel di bidang kedokteran dalam penemuannya tentang bagaimana telomer dan telomerase bisa menjaga kromosom.

Selanjutanya, William Henry "Bill" Andrews, Ph.D. bersama timnya di Geron Corporate adalah orang pertama yang mengidentifikasi telomerase manusia. Beliau juga mampu memperbanyak telomerase dan berusaha untuk mengeksplorasi bagaimana agar awet muda dengan meningkatkan jumlah telomerase. Andrew akhirnya mencari molekul yang mampu bisa mengikat sisi represor dari telomerase agar kinerja telomerase bekerja maksimal.

Pada tahun 1999, Andrew akhirnya mendirikan perusahaan sendiri bernama Sierra Sciences dan melanjutkan penelitiannya untuk terus mencari represor telomerase. Pada tahun 2008, beliau menggunakan gen C0057684 dan men-screening 4.000 bahan kimia per minggu untuk menemukan formula agar telomer bisa bertahan stabil.

Akhirnya, penantian berakhir pada tahun 2010 ketika Andrew bertemu dengan John Anderson, seorang master formula produk nutrisi yang sudah lebih dari 2300 produk telah diciptakan. Setahun kemudian akhirnya mereka berdua berhasil menemukan formula yang tepat untuk melindungi dan menjaga telomer dan telomerase yang dikenal Product B, telomere-supporting nutraceutical. Produk ini bersisi 1.000 bahan alami yang sudah dipatenkan.

Impian yang Terwujud
Ternyata penemuan formula tersebut pada tahun 2011 di saat saya sedang berandai-andai agar bisa menikmati formula khusus untuk telomer. Tanpa dugaan, saya mendapatkan undangan seminar di Kuala Lumpur pada tanggal 23 Maret 2014 yang pembicaranya adalah dr. Suk Cho yang merupakan Chief Science Officer di industri yang bekerkolaborasi dengan William Henry "Bill" Andrews. dr. Suk Cho menjelaskan detail mengenai telomer dan formula yang dikembangkan oleh John Anderson dan Bill Andrews. 

Formula untuk telomer agar awet muda.

Saya jadi terkagum, ternyata saya dipertemukan dengan formulanya. Usai seminar saya mencari dr. Suk Cho dan bertanya panjang lebar mengenahi formula keren ini. Impian untuk bisa mengenal formula untuk telomer akhirnya terwujud. 

Saya lagi berpose dengan dr. Suk Cho (Mirip Jackie Chan, Hehehe...)

Apa Pentingnya Telomer?
Kali ini saya akan membuat rangkuman singkat saja, karena untuk penjelasan lebih lanjut silahkan baca artikel saya di Menjaga Takdir Usia Melalui Telomer

Sewaktu kita masih kecil, ukuran telomer kita masih panjang dan akan terus memendek seiring dengan bertambahnya usia, pencemaran, pola hidup yang tak sehat, dan sebagainya. Bahkan telomer yang memendek juga mempengaruhi adanya kanker. Jadi usahakan jagalalah telomer Anda tetap membaik dengan adanya peningkatan kinerja telomerase.
product b indonesia, anti penuaan


Untuk memperoleh informasi Formula Telomer, Silahkan menghubungi:
Mh. Badrut Tamam, M. Sc.
Phone: 081332137404, 085743497216 (Indonesia)
email: info@generasibiologi.com

Subscribe to receive free email updates: