logo

logo

Bentuk Sel Telur Manusia Terekam Kamera

Tubuh manusia memiliki miliaran sel dengan berbagai bentuk dan modifikasi yang berbeda sesuai dengan peranannya dalam menunjang kegiatan biologi. Di dalam tubuh manusia, sel telur manusia merupakan sel terbesar dan sekaligus dapat dilihat dengan mata telanjang dengan ukuran sekitar 1 mm.

Seorang ahli Ginekologi, Dr Jacques Donnez berhasil merekam proses pelepasan sel telur manusia yang disebut ovulasi secara detail pada saat proses pembedahan seorang wanita yang berusia 45 tahun. Sang dokter tersebut mengatakan bahwa proses ovulasi tersebut membutuhkan waktu sekitar 15 menit (Gambar 1).


sel telur manusia, sel telur, foto sel telur, gambar sel telur, foto reproduksi wanita, gambar vagina, rahim
Gambar 1. Proses ovulasi sel telur manusia.

Bagaimana Sel Telur Terbentuk?
Sel telur manusia terbentuk pada saat dimulainya proses akil baligh atau puber pada seorang wanita yang melibatkan berbagai macam hormon. Sel telur terbentuk di bagian rahim (uterus) lebih tepatnya di ovarium (ovary). Di dalam ovarium ini terdapat folikel (follicle) yang merupakan tempat pembentukan sel telur. Di dalam Gambar 1 tersebut folikel masih berwarna merah, namun pada saat siklus mentruasi warna folikel tersebut akan berubah warna sesuai dengan siklus bulanan. Untuk lebih mudah memahami posisi dimana sel telur pada wanita itu berada silahkan lihat Gambar 2.

Gambar 2. Letak ovarium pada wanita.

Di dalam gambar 2 tersebut, ovarium akan menghasilkan sel telur yang ketika dilepaskan (Gambar 2) akan menuju ke rahim (uterus) melalui tuba falopi (fallopian tube) yang berupa saluran untuk menunggu sel telur dibuahi oleh sperma.







Subscribe to receive free email updates: