logo

logo

Bunga Agustus Bermekaran di Hari Kemerdekaan



Suasana gembira di Hari Kemerdekaan disambut oleh masyarakat Indonesia. Berbagai kegiatan agustusan mewarnai seluruh pelosok negeri. Tak hanya itu,  perlombaan unik juga menambah euforia pesta rakyat yang hadir setiap tahun sekali ini. Namun, pernahkah kita mengetahui bahwa alam pun ikut memberikan keceriaanya melalui pesona keindahannya. Hadirnya keindahan alam tersebut adalah sosok dari suatu tanaman dengan nama ‘Bunga Agustus”.

Tanaman dengan nama ilmiah Pyrostegia venusta ini memiliki mahkota dengan bentuk seperti corong atau terompet  dengan lima helai kelopak yang berwarna jingga. Lantas mengapa disebut Bunga Agustus? Keunikan bunga ini yakni bermerekaran pada bulan Agustus – September. Alhasil tanaman ini disebut sebagai Bunga Agustus karena menunjukkan keindahannya saat Bulan Agustus dan seolah-olah menyambut datangnya Hari Kemerdekaan. 

Di Kampus ITB (Institut Teknologi Bandung), tanaman tersebut disebut sebagai “Bunga Selamat Datang”. Hal ini dikarenakan tepat pada saat penerimaan mahasiswa baru, tanaman yang menghiasi empat gedung kembar di kampus tersebut bermekaran dengan indah. Bunga Agustus berwarna jingga cerah tersebut menjuntai hampir di setiap pilar batu yang menjadikan elemen lanskap yang sangat indah.

Kampus ITB 
Taksonomi Bunga Agustus

Kingdom: Plantae
Superdivision: Embryophyta
Division: Tracheophyta
Subdivision: Spermatophytina  
Class: Magnoliopsida
Superordo: Asteranae
Ordo: Lamiales
Family: Bignoniaceae
Genus: Pyrostegia 
Species: Pyrostegia venusta

Subscribe to receive free email updates: