logo

logo

Morfometri



Morfometri adalah suatu metode pengukuran terhadap variasi dan perubahan bentuk serta ukuran tubuh dari suatu organisme. Morfometri mencakup ukuran panjang dan sudut, analisis lapangan, dan analisis outline. Penerapan morfometri biasanya dilakukan pada pengukuran tubuh makhluk hidup dan pengukuran geografis (Zelditch et al. 2004).

Keuntungan dari pengukuran metode morfometri adalah bahwa morfometri memberikan deskripsi elemen kuantitatif. Morfometri dapat menghasilkan data-data pengukuran dalam bentuk angka yang dapat digunakan untuk perbandingan antara bentuk-bentuk morfologi yang berbeda. Perbedaan bentuk dapat dikonversikan ke dalam data berupa angka sehingga morfometri dapat digunakan untuk perbandingan secara objektif. Analisis data morfometri dapat mengetahui pada bagian mana perubahan yang penting terjadi sehingga dapat memberikan referensi terhadap penelitian yang akan dilakukan (Zelditch et al., 2004).

Meristik dalam studi meristik ikan secara bahasa berarti karakter morfologi yang dapat dihitung. Pendekatan meristik terkait dengan penghitungan jumlah sisik dan sirip ikan. Karakter meristik biasanya digunakan untuk mengidentifikasi ikan yang belum diketahui. Hasil pengukuran karakter meristik dapat disajikan dalam suatu rumus yang disebut formula meristik (Parker, 1990).

Studi morfometrik dan meristik telah banyak dilakukan terhadap ikan, baik ikan laut maupun ikan air tawar. Pengukuran morfometrik pada ikan air tawar banyak dilakukan untuk melihat struktur umur dalam populasi dan untuk membedakan ikan yang berasal dari sub-populasi yang berbeda. Studi morfometrik dan meristik pada penelitian taksonomi dapat digunakan untuk menguatkan status taksonomis suatu spesies yang membedakan spesies tersebut dengan spesies lainnya yang memiliki kemiripan.

Referensi:
Parker, N.C., 1990, Fish-marking techniques: proceedings of the International Symposium and Educational Workshop on Fish-Marking Techniques, American Fisheries Society.

Zelditch, M.; D. Swiderski; D.H. Sheets; and W. Fink, 2004, Geometric Morphometrics for Biologists: A Primer, Academic Press, New York.

Subscribe to receive free email updates: