logo

logo

Rafflesia Terkecil Di Dunia Telah Ditemukan


Genus Rafflesia yang dikenal dengan bunga bangkai merupakan tanaman endofit yang bersifat holoparasit. Ciri-ciri bunga bangkai yang selama ini kita ketahui yakni memiliki ukuran raksasa dengan berat hingga 10 Kg. Ciri ciri khusus bunga bangkai lainnya adalah aromanya yang kurang sedap, 

Rafflesia merupakan vegetasi yang parasit dan tidak memiliki akar, batang atau daun sendiri sehingga tumbuhan Rafflesia bergantung pada tanaman inang untuk memenuhi kebutuhan air dan nutrisi.

Tidak selamanya bunga Rafflesia berukuran raksasa. Habitat bunga Rafflesia yang banyak ditemukan di Hutan Hujan Asia Tenggara ini memiliki anggota baru yakni  Rafflesia consueloae. Bunga tersebut ditemukan oleh para ilmuwan di Pulau Luzon, Filipina dengan ukuran kerdil.




Bunga baru tersebut memiliki diameter rata-rata 9,73 cm sehingga dijuluki bunga "kerdil" di antara semua spesies Rafflesia yang dikenal. Selain itu, bunga tersebut memiliki ciri lobus perigon yang tegak yang berbeda dengan Refflesia pada umumnya.


Rafflesia consueloae dengan lobus perigon yang tegak.

Penemuan bunga tersebut merupakan keberuntungan. Saat itu Prof Perry S. Ong sebagai ketua peneliti bersama koleganya sedang berjalan di sebuah hutan di Pulau Luzon yang tanpa sengaja tersandung oleh tumpukan sampah di hutan dan melihat bunga kecil berbau busuk. 

Setelah diidentifikasi, ternyata bunga ini merupakan spesies baru dari genus Rafflesia. Prof Perry S. Ong dan timnya memberikan nama ilmiah Rafflesia consueloae. Penunjuk spesies "consueloae" diambil dari nama Consuelo 'Connie' Rufino Lopez untuk menghormatinya sebagai mitra industrialis Filipina Oscar M. Lopez. Penemuan tersebut dipublikasikan dalam Jurnal PhytoKeys, 25 Februari 2016.

Bunga tersebut ditemukan hanya ada dua populasi di tempat yang berbeda, yakni gunung Balukbok dan Pantaburon yang dipisahkan jarak sekitar 2 km yang mana lokasi ini terancam penggundulan hutan.

Berdasarkan kriteria IUCN, spesies baru ini masuk dalam kategori kritis (Critically Endangered). Wilayah ditemukannya bunga tersebut rawan terhadap perburuan satwa dan kebakaran hutan, sehingga perlu perlindungan ekosistem yang menjadi habitat bunga bangkai mini tersebut. 


Sumber:
Galindon JMM, Ong PS, Fernando ES (2016) Rafflesia consueloae (Rafflesiaceae), the smallest among giants; a new species from Luzon Island, Philippines. PhytoKeys 61: 37-46. doi:3897/phytokeys.61.7295

Subscribe to receive free email updates: