logo

logo

Spesies Baru dari Ikan Gobi Ditemukan di Maluku


Ikan gobi adalah ikan yang paling banyak dijumpai di laut. Ikan tersebut dimasukkan dalam famili gobiidae yang memiliki lebih dari 220 genus dan 1500 spesies sehingga ikan gobi tergolong ikan laut yang banyak ditemukan di laut dan sering dijumpai di terumbu karang, lumpur, pasir, dan puing-puing yang ada di dalam laut.

Dalam rentang mulai bulan Januari 1980 hingga April 2014, penemuan ikan gobi sudah diidentifikasi 327 jenis baru. Pada bulan Mei 2016, berita penemuan ikan gobi jenis baru ini dari Ambon, Maluku. Penemuan ini adalah hasil kerja sama Indonesia Biodiversity Research Centre (Universitas Udayana, Bali) dengan Department of Aquatic Zoology, Western Australian Museum dan Conservation International Indonesia Marine Program. Ikan jenis baru tersebut diberi nama ilmiah Sueviota bryozophila.

Holotipe Sueviota bryozophila dengan pewarnaan Cyanine Blue (G.R. Allen).


Ikan tersebut memiliki ciri-ciri yang membedakan dengan ikan gobi yang lain yakni lubang sensor di kepala bagian permukaan dorsal mengalami reduksi; hanya memiliki sepasang lubang di interorbital bagian tengah; dan memiliki empat sirip pelvis yang tidak mengalami percabangan.

Sepasang lubang sensor di  interorbital (ITO).

Empat sirip pelvis yang tidak bercabang

Spesies ikan baru ini habitatnya hanya ditemukan di koloni terumbu karang bryozoan yang berwarna pucat kecil sehingga keberadaan ikan baru ini tersamarkan dengan baik. koloni bryozoan tersebut dijadikan dasar etimologi penunjuk spesies dari ikan gobi yang baru tersebut.

Referensi:
Allen, G.R., Erdmann, M.V. & Cahyani, N.K.D. (2016) Sueviota bryozophila, a new species of coralreef goby from Indonesia (Teleostei: Gobiidae). Journal of the Ocean Science Foundation, 20, 76–82. doi: 10.5281/zenodo.50519

Subscribe to receive free email updates: