logo

logo

Pari Elektrik Jenis Baru Ditemukan di Bali



Pari elektrik (electric ray) adalah ikan bertulang rawan dengan sirip pektoral yang membulat serta mampu menghasilkan listrik 8 - 220 volt. Pari elektrik ini masuk dalam Famili Narcinidae. Salah satu genus dari famili tersebut telah ditemukan jenis barunya yakni genus Narcine. Genus tersebut memiliki ciri bagian punggung dengan pola warna yang unik dengan warna background coklat cerah serta bentuk tubuhnya membulat.

Kabar baik dari Biologi Kelautan di Indonesia adalah penemun spesies baru dari genus tersebut yang diberi nama Narcine baliensis. Holotipe dari spesies tersebut ditemukan di perairan antara Pulau Bali dan Pulau Lombok dengan koordinat 8°37' S, 115°59' E, di kedalaman 60–63 m. 

Narcine baliensisis dibedakan dengan N. brevilabiata dan N. atzi karena memiliki ciri pembeda yakni bintik besar kecoklatan atau bercak berukuran kecil dengan berbagai bentuk seperti melingkar, bulat telur, atau memanjang pada bagian punggungnya (Gambar 1 dan 2). Jenis baru ini juga memiliki gigi bagian atas dan bawah yang bentukn sama yakni melingkar (Gambar 3).

Gambar 1. Narcine baliensis jantan. (A) tampak dorsal, (B) tampak ventral.

Gambar 2. Narcine baliensis betina. (A) tampak dorsal, (B) tampak ventral.


Meskipun holotipe spesies tersebut dari Bali, namun distribusi dari spesies baru ini juga ditemukan paratipenya di tempat lain yakni di Cilacap, Jawa Tengah dan juga ditemukan di Pulau Komodo yang nampak sebagai foto pembuka artikel ini. Diduga spesies ini distribusinya ada di Laut Jawa hingga Kepulauan Nusa Tenggara.

Gambar 3. Morfologi gigi Narcine baliensis.

Sistematika Narcine baliensis

Kingdom        : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Chondrichthyes
Subkelas         : Elasmobranchii
Super-ordo : Batoidea
Ordo : Torpediniformes
Famili : Narcinidae
Subfamili  : Narcininae
Genus : Narcine
Spesies        : Narcine baliensis


Referensi:
Marcelo R. De Carvalho & William  T. White. 2016. Narcine baliensis, a new species of electric ray from southeast Asia (Chondrichthyes: Torpediniformes). Zootaxa4127 (1): 149–160. 

Subscribe to receive free email updates: