logo

logo

Karya Agung dari Lukisan Bakteri

Mikroorganisme adalah mahkluk hidup yang bersifat renik yang dapat diamati dengan menggunakan mikroskop. Para ahli mikrobiologi jika ingin mengembangbiakkan bakteri maupun jamur maka salah satunya dengan menggunakan media tertentu dalam cawan petri. Keunikan warna dan perpendaran yang dihasilkan mikroorganisme tertentu telah menginspirasi karya seni ilmiah yang unik.

Tidak semua orang yang berkecimpung dalam dunia mikrobiologi bisa menghasilkan karya hebat ini karena ketika melukis tidak langsung nampak. Lukisan akan nampak ketika bakteri sudah tumbuh membentuk koloni dengan warna-warna tertentu. Berikut adalah contoh hasil karya lukisan bakteri yang mengesankan:


TUT WURI HANDAYANI

Karya lukisan bakteri dengan lambang "Tut Wuri Handayani" ini berasal dari pertumbuhan mikroorganisme bakteri E. coli dan Klebsiella sp. yang dibiakkan dengan menggunakan medium Mac Conkey. Kedua bakteri tersebut diisolasi dari minuman CapCin (Capucino Cincau). Kedua bakteri tersebut adalah indikasi pencemaran air yang dapat menyebabkan sakit pada saluran pencernaan. 


CANDI BOROBUDUR

Karya seni dari mikobiologi ini adalah lukisan Candi Borobudur yang terbuat dari bakteri Escherechia coli yang ditumbuhkan dalam medium Mac Conkey Agar ( MCA ). Lukisan ini adalah karya Mahbubatur Rohmah yang ingin mengenalkan warisan Nusantara dalam cawan petri.


FERTILISASI

Karya rumit ini menggambarkan proses fertilisasi. Dalam lukisan bakteri tersebut digunakan empat jenis bakteri antara lain (1) yakni Staphylococcus aureus (berwarna merah) yang merupakan bakteri patogen oportunis pada manusia maupun hewan; (2) Staphylococcus xylosus (berwarna hijau) yang merupakan bakteri komensalisme pada kulit manusia, (3) Staphylococcus hyicus (berwarna putih) yang merupakan bakteri patogen pada babi, (4) Corynebacterium glutamicum (berwarna kuning) adalah bakteri non patogen yang biasanya digunakan untuk keperluan industri untuk memproduksi asam amino glutamat dan lisin. Author: Md Zohorul Islam, DVM.


ANATOMI JANTUNG

Lukisan anatomi jantung ini terdiri dari bakteri (1) Serratia marcescens yang berwarna merah akibat adanya pigmen prodigiosin. Bakteri tersebut menggambarkan posisi aorta jantung. (2) Chromobacterium violaceum yang berwarna ungu gelap yang menggambarkan posisi saluran pulmonalis , (3) Corynebacterium xerosis yang berwarna merah yang menggambarkan jantung.


GAJAH THAILAND

Karya tersusun atas biakan bakteri Chromobacterium violaceum (berwarna ungu gelap), Staphylococcus aureus (berwarna putih) dan  Micrococcus sp. (berwarna putih) dalam medium darah.



ZEBRA

Lukisan zebra ini berasa dari bakteri Escherichia coli yang telah ditransformasi dengan membawa plasmid pGLO™ yang menghasilkan protein berpendar hijau, green fluorescent protein (GFP). GFP pertama kali diisolasi dari gen  ubur-ubur jenis Aequorea victoria oleh Osamu Shimomura pada tahun 1962. 


Sumber Gambar: ASM


Subscribe to receive free email updates: