logo

logo

Macam-Macam Sendi Pada Manusia dan Gambar Letaknya

Pengertian Sendi / Persendian / Artikulasi
Sendi atau persendian adalah hubungan antara tulang yang satu dengan tulang yang lain. Berdasarkan jaringan penyambungnya dan pergerakkannya, jenis-jenis sendi dibagi menjadi 3 yaitu: 

1. Sinartrosis 
Sendi sinartosis adalah suatu hubungan tulang yang tidak dapat digerakkan atau mempunyai gerakan yang minimal, sesuai dengan jaringan penghubungnnya. Macam-macam sendi sinartosis yakni:

a. Sinfibrosis adalah hubungan antar tulang dengan jaringan sabut-sabut kolagen dan jaringan ikat diantaranya, sehingga tidak dapat digerakkan. Contoh sendi sinfibrosis adalah sutura-sutura di tengkorak maupun tulang koksa (coxae).  

Gambar sutura pada tengkorak.


b. Sinkondrosis adalah hubungan antar tulang dengan jaringan tulang rawan diantaranya, atau adanya diskus. Contoh sendi sinkondrosis adalah tulang-tulang vertebrae, antara tulang dada dengan tulang rusuk/iga.  

2.  Diartrosis 
Sendi diartosis adalah suatu hubungan tulang yang dapat digerakkan dengan bebas, umumnya diliputi oleh suatu selaput (capsula sinovia) dan diantaranya terdapat cairan sinovia. Berdasarkan sumbu yang ada dan arah gerakkannya dibedakan menjadi 

a. Sendi engsel adalah suatu hubungan antar tulang yang memiliki satu sumbu sehingga hanya bergerak kesatu arah. Fungsi sendi engsel terdapat pada sendi siku dan sendi lutut. 

Gambar sendi engsel

b. Sendi peluru adalah jenis sendi ini merupakan hubungan antar pulang yang memiliki oagian cekung dan bagian bulat,  ada dua sumbu,  sehingga bergerak meluncur ketiga arah. Fungsi sendi peluru terdapat pada sendi gelang bahu dan sendi gelang panggul (sendi coxae). 

Gambar sendi peluru


c. Sendi putar adalah persendian yang memiliki sumbu yang lebih dari dua, sehingga seolah-olah dapat berputar, bergerak bebas. Fungsi sendi putar terdapat pada sendi antara vertebra servikalis 1-2 dan tulang dasar tengkorak.

Gambar tulang belakang ruas pertama (axis)


d. Sendi pelana adalah sendi yang mempunyai gerakkan yang menggeser saja, seperti kalau menduduki pelana kuda. Fungsi sendi pelana terdapat pada persendian antar tulang pergelangan tangan maupun kaki.

Gambar sendi pelana



3. Amfiartrosis 
Amfiartrosis (sendi kaku) adalah hubungan antar tulang yang hanya sangat sedikit memungkinkan adanya gerakan. Contoh sendi Amfiartrosis yakni persendian yang terdapat pada tulang-tulang pergelangan tangan, persendian tulang pergelangan kaki, serta persendian ruas-ruas tulang belakang.


Selain itu, jenis-jenis persendian juga dapat dibedakan berdasarkan gerakannya, yakni:
  1. Sendi kaku adalah sendi yang terdiri dari ujung-ujung tulang rawan yang menghasilkan gerakan terabatas dan bersifat kaku. Contoh sendi kaku adalah gerakan pada pergelangan tangan dan pergelangan kaki.
  2. Sendi mati adalah sendi yang tidak adanya gerakan. Contoh sendi mati adalah sutura yang menghubungkan antar tulang pada tengkorak.
  3. Sendi gerak adalah sendi yang gerakannya secara bebas. Contoh sendi gerak adalah pada sendi diartosis seperti yang telah dijelaskan di atas.
Sumber Gambar: Sobotta

Subscribe to receive free email updates: