logo

logo

10 Karir Menjanjikan Lulusan Biologi, No. 3 Paling Keren


Dalam dunia eksakta, ilmu biologi memiliki perkembangan yang paling cepat sehingga tidak heran jika beberapa kampus di Indonesia biologi menjadi fakultas tersendiri. Biologi adalah ilmu pengetahuan yang memiliki cabang-cabang yang sangat banyak sekali sehingga memberikan peluang pekerjaan dalam bidang biologi bagi yang ingin mendalami ilmu tersebut. 

Jurusan biologi di kampus Indonesia memiliki dua jenis yakni pendidikan biologi dan non-pendidikan biologi atau sering disebut biologi murni. Dalam suatu kampus ada yang hanya memiliki jurusan biologi murni saja dan ada yang memiliki keduanya.

Profesi yang berhubungan dengan biologi tidak selamanya dikaitkan dengan laboratorium saja. Banyak sekali peluang pekerjaan yang berkaitan dengan ilmu biologi dengan gaji yang menjanjikan baik di Indonesia maupun di luar negeri. Berikut adalah 10 profesi yang berkaitan dengan bidang biologi yang paling seru untuk disimak!


  1. Ilmuwan di Perusahaan  

Deskripsi: Karir atau profesi yang berbasis biologi di perusahaan sangatlah banyak dibutuhkan. Pekerjaan yang dilakukan bisa dilakukan di laboratorium maupun lapangan. Contoh pekerjaan ilmuwan yang berada di laboratorium yakni analisis mikroba pada makanan dan obat, uji bahan sampel, uji kandungan pada bahan, dan uji produk, lain-lain. Sedangkan ilmuwan di lapangan memiliki tugas seperti merencanakan AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan), inventarisasi bahan di suatu daerah, analisis kondisi lingkungan, dan lain-lain.

Syarat: Minimal Lulusan S1.



  2. Ilmuwan Medis  

Deskripsi: Pekerjaan medis tidak selamanya dikaitkan dengan jurusan analisis kesehatan, biomedis maupun dokter. Jurusan biologi pun memiliki peluang untuk menapaki jenjang karir sebagai ilmuwan medis. Pekerjaan yang dilakukan sebagai ilmuwan medis yakni meneliti semua hal yang berkaitan dengan kesehatan manusia mulai dari level molekuler, patologi, fisiologi, hingga analisis kesehatan secara holistik. Beberapa ilmuwan ahli serangga, mamalia, dan burung juga sering digunakan untuk pemetaan penyakit berasal dari hewan.

Syarat: Minimal lulusan S1.



  3. Ilmuwan Internasional  

Deskripsi: Menjadi ilmuwan internasional merupakan hal yang membanggakan. Manfaat menjadi ilmuwan yakni menjadi populer dalam dunia saintis serta mampu menghasilkan hak paten. Menjadi ilmuwan internasional bisa dimulai dari mengikuti riset dengan dosen sewaktu masih menjadi mahasiswa. Beberapa mahasiswa juga sering melakukan program pertukaran pelajar atau magang di laboratorium di kampus maupun perusahaan di luar negeri. Para ilmuwan juga aktif untuk mencari partner baik dalam negeri maupun luar negeri untuk saling berbagi keilmuan maupun kerja sama.

Ilmuwan banyak bekerja di berbagai institusi baik negeri seperti LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) dan institusi swasta. Dunia ilmuwan sangat luas mulai dari rekayasa genetika, biologi sintesis, konservasi, bioteknologi, forensik, taksonomi, dan sebagainya. Menjadi ilmuwan bisa dilakukan oleh dosen melalui dana hibah atau mengajukan proposal penelitian ke lembaga tertentu di dalam maupun luar negeri.

Syarat: Bisa dimulai ketika mahasiswa S1.



  4. Guru  

Deskripsi: Menjadi guru atau pengajar biologi banyak dari lulusan pendidikan biologi. Namun, dari jurusan biologi non-pendidikan (biologi murni) juga bisa menjajaki karir sebagai guru. Karir guru biologi bisa di sekolah negeri maupun swasta. Selain guru di sekolah, lulusan biologi juga bisa menjadi pengajar di tempat bimbingan belajar atau les.

Syarat: Minimal S1.


  5. Dosen  

Deskripsi: Mengabdi menjadi dosen di perguruan tinggi adalah karir yang cukup bagus bagi sebagian lulusan biologi. Di Indonesia, jurusan biologi cukup banyak baik negeri maupun swasta sehingga lulusan biologi banyak mencoba untuk berkarir menjadi dosen. Lulusan biologi tidak selamanya menjadi dosen di jurusan biologi saja, bahkan bisa menjadi dosen di kesehatan, kedokteran, pertanian, kehutanan, dan perikanan.

Syarat: Lulusan S2.



  6. Wirausaha  

Deskripsi: Memanfaatkan ilmu biologi untuk entrepreneur banyak dilakukan oleh lulusan biologi. Dengan mempelajari biologi yang sesuai dengan minat, maka tidak heran jika banyak lulusan biologi gemar berbisnis. Ide bisnis yang dihasilkan seperti membuat jasa pelatihan budidaya anggrek dan jamur, membuat formula tertentu untuk keperluan pertanian dan peternakan, membuat alat yang dibutuhkan oleh petani, fotografer alam dan satwa, dan masih banyak sekali aplikasi biologi untuk wirausaha.

Syarat: Bisa dimulai sejak menjadi mahasiswa S1.



  7. Analis Laboratorium  

Deskripsi: Bekerja menjadi analisis laboratorium adalah contoh bidang pekerjaan yang berkaitan dengan biologi yang juga digemari. Dengan berbekal banyak pengetahuan seperti biokimia, molekuler, dan mikrobiologi maka kemampuan analisis lulusan biologi bisa bekerja di berbagai laboratorium seperti BPOM, laboratorium analisis kesehatan, laboratorium uji bahan, dan lain-lain.

Syarat: Minimal lulusan S1.



  8. Teknisi Laboratorium  

Deskripsi: Teknisi laboratorium merupakan pekerjaan yang berkaitan dengan biologi untuk menyiapkan segala keperluan yang dilakukan di laboratorium. Dalam institusi pendidikan baik sekolah maupun perguruan tinggi sering disebut laboran. Tugasnya adalah menyiapkan alat dan bahan yang berkaitan dengan pekerjaan di laboratorium. Selain itu, fungsi teknisi laboratorium juga mengecek alat-alat di laboratorium secara berkala.

Syarat: Lulusan S1.



  9. Konsultan  

Deskripsi: Pada umumnya karir konsultan di bidang biologi sifatnya freelance. Contoh profesi yang berkaitan dengan biologi di bidang konsultan yakni sebagai konsultan lingkungan dan konservasi, konsultan perusahaan yang berkaitan dengan R&D (Research and Development), konsultan rancangan serta data penelitian, dan lain sebagainya

Syarat: Minimal lulusan S1.



  10. Penulis  

Deskripsi: Menekuni karir di bidang penulis bagi lulusan biologi sangat menjanjikan. Tulisan bisa berupa buku, artikel lepas, artikel majalah, jurnal penelitian, dan content writer di website. Jika Anda mengusai bahasa Inggris, maka anda bisa mencoba menjadi penulis website luar negeri dengan gaji yang cukup besar sebagai penghasilan tambahan. Penghasilan sebagai penulis website asing bisa lebih dari 30 USD per bulan.

Syarat: Bisa dilakukan sejak menjadi mahasiswa S1.



Demikian ulasan mengenai karir bagi mahasiswa biologi dan lulusannya. Silahkan share ke teman anda yang masih kuliah di jurusan biologi maupun yang sudah lulus.



Subscribe to receive free email updates: