logo

logo

4 Cara Jitu Mencari Jurnal Ilmiah Nasional dan Internasional GRATIS




Jurnal ilmiah adalah karya ilmiah yang dipublikasikan secara berkala dengan tujuan untuk meningkatkan kemajuan ilmu pengetahuan. Jurnal ilmiah ada yang diterbitkan mingguan, bulanan, maupun dalam interval tertentu. Secara garis besar, ada dua tipe jurnal ilmiah yakni jurnal penelitian dan jurnal review.

Publikasi ilmiah sebagai hasil penelitian dan pengembangan semakin tahun mengalami peningkatan yang sangat luar biasa. Publikasi ilmiah dikeluarkan lebih dari 6 juta buah per tahun, atau 17.000 jurnal ilmiah setiap harinya. Hal ini menjadi tantangan bagi para akademis, peneliti, guru atau dosen maupun mahasiswa untuk mencari jurnal ilmiah yang berserakan di dalam teknologi informasi.

Publikasi ilmiah dikeluarkan lebih dari 6 juta buah per tahun, atau 17.000 jurnal ilmiah setiap harinya.

Ilmu pengetahuan berkembang secara eksponensial serta diikuti dengan kecenderungan munculnya spesialisasi dalam ranah tertentu. Namun dibalik perkembangan secara eksposif tersebut, maka ada kecenderungan untuk menuju ke pendekatan penelitian secara holistik, sistematik, transdisipliner, dan sintetik dalam pemecahan masalah.

Diantara jutaan publikasi ilmiah tersebut, lantas bagaimana cara mencari jurnal nasional maupun internasional? Mencari jurnal ilmiah di era teknologi informasi sebenarnya tidak terlalu sulit. Beberapa publisher jurnal ilmiah sifatnya Open Access alias gratis diakses secara langsung dengan Impact Factor yang bagus antara lain seperti:
  1. PLOS ONE
  2. Nature Communications
  3. Scientific Reports

Beberapa jurnal juga ada yang gratis bisa diakses melalui institusi atau kampus yang sudah berlangganan dengan jurnal ilimiah. Namun, jika anda masih merasa kesulitan dalam memperoleh jurnal, berikut adalah tips cara cepat mencari jurnal ilmiah. 

1. Google Scholar

Sudah menjadi pengetahuan umum kalau google menyediakan halaman pencarian khusus untuk menelusuri sebuah publikasi ilmiah, yakni Google Scholar atau Google Cendikia. Di halaman pencarian tersebut anda bisa mencari jurnal berbahasa Indonesia maupun Inggris. Untuk menelusuri jurnal ilmiah di halaman pencarian tersebut, berikut langkah-langkahnya:


  1. Buka website: https://scholar.google.co.id/. Kemudian ketikkan kata pencarian. Gunakan pencarian dengan tidak melebihi 5 kata kecuali jika sudah mengetahui judul jurnalnya.
  2. Ketika sudah memperoleh hasil, maka akan terlihat beberapa hasil pencarian yang menunjukkan hasil link PDF. Jika Anda ingin membuka saja, silahkan abaikan link PDF, namun jika ingin membuka dan menyimpan hasil pencarian dalam bentuk PDF, silahkan klik link yang bertuliskan PDF.
  3. Pada tampilan, akan ada menu artikel dan koleksiku. Dalam keadaan default, maka akan diperoleh hasil sesuai dengan yang dicari. Sementara pilihan koleksiku adalah hasil yang telah disimpan. Anda bisa mengaktifkan fitur tersebut.
  4. Pada bagian ini, akan ditampilkan waktu publikasi ilmiah tersebut. Anda bisa memilih tahun publikasi mulai dari yang terbaru hingga paling lama.
  5. Pada bagian ini, google scholar akan menampilkan hasil pencarian sesuai dengan relevansi suatu artikel ilmiah. Namun jika anda ingin mengabaikannya bisa berdasarkan urutan tanggal publikasi.


2.Researchgate

Reseachgate adalah "media sosial" nya para ilmuwan dan akademis yang sangat membantu untuk memperoleh pengetahuan, kolaborasi, bahkan pekerjaan yang sesuai dengan bidang anda. Syarat untuk bisa bergabung dengan jejaring sosial ini adalah anda harus mempunyai email institusi seperti kampus, lembaga penelitian, dan lainnya. Anda tidak bisa mendaftarkan diri melalui email seperti gmail dan yahoo.  Jika anda tidak memiliki email institusi, jangan khawatir, masih ada harapan untuk bisa akses dengan cara khusus.

Di Researchgate, kita bisa langsung minta  jurnal, korespondnsi bahkan diskusi dengan author dari jurnal tersebut.  Untuk mencari jurnal ilmiah di researchgate, berikut adalah langkah-langkahnya:


  1. Buka website-nya di: https://www.researchgate.net/ dan silahkan daftar jika sudh punya email institusi. Setelah berhasil masuk ke researchgate, maka silahkan klik di kolom pencarian! Disana ada menu Researcher (peneliti), Publications, Jobs (pekerjaan), dan Question (Pertenyaan). Untuk mencari jurnal, silahkan pilih Publications dan ketik apa yang anda cari!
  2. Setelah itu, akan ada hasil pencarian publikasi ilmiah. Disana ada publikasi yang harus minta terlebih dahulu dengan cara klik Request Full-text. Anda bisa menjadi follower dari publikasi tersebut dengan klik Follow. Ketika anda sudah klik Request Full-text, maka silahkan anda tunggu sesuai dengan kesibukan author. Nanti hasil publikasi yang dikirim akan ada notifikasi.
  3. Beberapa publikasi ilmiah ada yang langsung bisa di-download tanpa harus minta ke authornya.


Bagi Anda yang tidak bisa menjadi anggota researchgate, jangan kecewa dulu karena beberapa hasil publikasi bisa di download tanpa harus menjadi anggota researchgate meskipun terbatas. Berikut caranya!


Masuk ke dalam pencarian google baisa (www.google.com) kemudian ketik entri dengan cara khusus yakni:

kata kunci + pdf + researcgate

Contoh: new species indonesia + pdf + researchgate

Maka hasilnya adalah, google akan menampilkan hasil pencarian yang anda cari dari researchgate. Kemudian pilih publikasi yang anda inginkan. Disana anda akan diarahkan ke halaman researchgate dalam kondisi belum log in. Tidak perlu khawatir, anda tinggal klik Download Full-text PDF.


3. Sci-Hub

Sci-Hub adalah mesin pencari jurnal ilmiah yang menyediakan lebih dari 58 juta hasil publikasi yang siap anda download secara gratis. Sci-hub mengupload jurnal ilmiah tiap harinya untuk menambah databasenya. Dengan adanya, sci-hub anda bisa langsung bypass tanpa harus membayar jurnal ilmiah berbayar. Website ini awalnya dari keprihatinan seorang mahasiswa yang harus membayar mahal ketika membutuhkan sebuah jurnal. Akses jurnal website tersebut silahkan masuk ke: https://sci-hub.cc/. Silahkan masukkan judul jurnal atau nomor DOI (digital object identifier) ke dalam kolom pencarian. Jika ditemukan, maka jurnal yang anda cari akan langsung terbuka dan langsung bisa di-download dalam bentuk PDF.


Kelemahan dari sci-hub adalah anda harus mengetahui judul jurnal yang anda cari. Jadi anda harus sudah mencari beberapa jurnal pilihan dan sci-hub adalah langkah berikutnya jika cara-cara sebelumnya tidak bisa anda gunakan. Website ini sangat membantu sekali terutama bagi jurnal yang berbayar mahal.

4. Facebook

Facebook adalah langkah terakhir jika anda benar-benar kesulitan mencari jurnal apa yang anda cari. Bagaimana caranya? Ada sebuah grup internasional yang mana anggotanya bisa request dengan menyebutkan judul atau link jurnal yang diinginkan. Kemudian tunggu balasan dari anggota yang lain.

Anda harus sabar, karena tidak semua anggota bisa membantu anda. Namun, apa salahnya jika anda berusaha untuk mencobanya. Banyak anggota dari grup ini yang respect dengan senang hati membantu untuk mencarikan jurnal yang anda inginkan. Jika anda tertarik menjadi anggotanya, silahkan masuk ke link grup berikut: https://web.facebook.com/groups/paperreqest/

Demikian artikel mengenai cara mencari jurnal ilmiah nasional maupun internasional. Semoga bermanfaat! 

Subscribe to receive free email updates: