logo

logo

Ikan-ikan Raksasa di Indonesia dan Dunia

Ikan adalah hewan yang mampu tumbuh dengan besar. Berbeda dengan manusia yang berhenti tumbuh setelah masa puber, ikan justru mampu tumbuh dengan cukup menakjubkan. Ikan mampu tumbuh selama mereka hidup. Variabel utama dalam pertumbuhannya dipengaruhi oleh waktu dan makanan yang melimpah. Disamping itu kondisi lingkungan dan daya saing rendah juga mampu meningkatkan ukuran tubuh ikan.

Di dalam artikel ini akan dipaparkan mengenai temuan ikan raksasa air tawar maupun ikan air laut di dunia dan di Indonesia. Berbagai ikan raksasa aneh juga pernah tercatat. Untuk kategori ikan raksasa di dunia akan dijelaskan dalam gambar beberapa ikan raksasa dengan skala perbandingan ukuran tubuh manusia sedangkan ikan yang kecil di bawahnya adalah ukuran rata-rata yang ditemukan!


Credit Image: National Geographic

(1) Ikan Alligator (Atractosteus spatula)
Ikan ini biasanya memiliki ukuran satu meter dengan berat 16 kg. Namun, rekor yang tercatat yakni memiliki panjang 2,8 meter dengan berat 148 kg yang berusia 94 tahun.

Gambar 1. Ikan Alligator

(2) Ikan Mas (Carassius auratus)
Tanpa disangka, ikan mas yang sering dijadikan peliharaan akuarium ini justru akan menjadi besar ketika dibuang oleh pemilikinya. Dari hasil Guinness World Record pernah melaporkan bahwa ikan mas koki raksasa memiliki panjang 47,7 centimeter yang ditemukan di Belanda.

Gambar 2. Ikan Mas Koki
Baca juga: Perbedaan Ikan Mas dan Ikan Mas Koki

(3) Ikan Goliath Grouper (Epinephelus itajara)
Ikan ini jarang ditemukan berukuran besar karena sering ditangkap secara berlebihan. Namun, setelah adanya undang-undang perlindungan di Pantai Florida sejak tahun 1990-an, maka ikan ini tumbuh menjadi raksasa dengan panjang 305 cm, berat 140 kg.

Gambar 3. Ikan goliath grouper


(4) Ikan Sturgeon (Acipenser fulvescens)
Ikan ini biasanya sering ditangkap nelayan di Great Lakes dan dibiarkan karena merupakan ikan hasil sampingan.

Gambar 4. Ikan sturgedon


Selain ikan raksasa di dunia yang telah dijelaskan atas, beberapa rekor ikan raksasa yang sering dijumpai yakni ikan raksasa di Waduk Gajah Mungkur, Ikan raksasa di Setu Babakan, ikan raksasa di Garut, ikan raksasa di kalimantan, dan berbagai daerah di Indonesia. Berikut adalah ikan raksasa yang sering dijumpai di Indonesia.

(1) Ikan Gurami (Osphronemus gouramy)
Ikan gurami adalah ikan yang banyak digemari untuk dikonsumsi di Asia termasuk Indonesia, ikan gurami raksasa bisa mencapai panjang 70 cm dengan berat 5 kg.

Gambar 5. Ikan gurami raksasa.



(2) Ikan Sidat (Anguilla marmorata)
Ikan sidat raksasa ini ditemukan di Poso, Sulawesi. Ikan sidat disebut juga dengan ikan moa. Ukuran ikan moa raksasa ini bisa mencapai 180 meter dengan berat 30 kg.

Gambar 6. Ikan sidat raksasa.


(3) Ikan Lopis (Chitala lopis)
Ikan lopis adalah salah jenis ikan air tawar yang juga memiliki nama populer ikan belida. Ikan ini dsebut juga dengan ikan berpunggung pisau. Ikan belida raksasa distribusinya yakni Kalimantan, Sumatera, Jawa, dan Semenanjung Malaya. Dahulu ikan ini sering digunakan pempek. Ukuran ikan ini bisa mencapai panjang 140 cm dan berat 40 kg.
Gambar 7. Ikan lopis raksasa.

Demikian artikel tentang beberap ikan raksasa yang ada di Dunia dan juga di Indonesia. Semoga artikel ini memberikan khazanah pengetahuan mengenai dunia ikan raksasa.

Subscribe to receive free email updates: