logo

logo

Spesies Baru Cacing Ditemukan di Ekosistem Mangrove Pulau Ambon

Sebuah penemuan cacing spesies baru diberi nama Capitella ambonensis. Cacing ini ditemukan di sedimen pasir liat yang berada di habitat ekosistem bakau (mangrove) di Pulau Ambon, Indonesia. Spesies baru tersebut ditemukan dan dideskripsikan oleh Joko Pamungkas, Peneliti LIPI yang dipublikasikan di Jurnal Zootaxa pada Bulan Februari 2017.

Cacing ini termasuk filum Annelida (cacing bersegmen) dan kelas Polychaeta. Spesies baru ini memiliki ciri-ciri terutama didasarkan pada distribusi seta (chaetae) kapiler dan kait. Pada bagian torax terdapat 9 segmen dimana segmen 1-7 memiliki rambut seta kapiler sedangkan segmen 8-9 tidak ada (gambar 1). Ruas 8-9 pada cacing jantan memiliki genital spine yang berbentuk seperti duri (gambar 1B-1C). Segmentasi pada torak cacing ini merupakan karakter utama dalam identifikasi.

spesies baru, annelida, cacing, invertebrata
Gambar 1. Capitella ambonensis
Transisi antara torak dan abdomen memiliki alur inter-segmental yang dalam khususnya ruas 9 dan 10. Disamping itu memiliki warna coklat gelap pada bagian abdomen dorsum serta memiliki kait.

Di Indonesia, Cacing Capitella merupakan makrobentik yang dominan di ekosistem bakau namun taksonominya masih terbatas. Keberadaan cacing ini dapat menjadi indikator untuk invstigasi ekologis akibat dampak pencemaran seperti limbah industri.

Klasifikasi Cacing Capitella ambonensis

Kingdom:Animalia
Filum: Annelida
Kelas: Polychaeta
Famili: Capitellidae
Genus: Capitella
Spesies: Capitella ambonensis

Referensi:
Joko Pamungkas. 2017. Capitella ambonensis: a new polychaete species (Annelida: Capitellidae) collected from a mangrove habitat on Ambon Island, Indonesia. Zootaxa 4227 (4): 573–582. https://doi.org/10.11646/zootaxa.4227.4.7

Subscribe to receive free email updates: