logo

logo

Pseudogobiopsis lumbantobing, Ikan Gobi Jenis Baru dengan Nama Marga Batak

Ikan gobi dengan genus Pseudogobiopsis merupakan ikan air tawar dan air payau yang berasal dari Asia Selatan dan Tenggara. Genus ikan ini terdiri dari 5 spesies yakni Pseudogobiopsis festivus, Pseudogobiopsis oligactis, Pseudogobiopsis paludosus, Pseudogobiopsis tigrellus, dan spesies terbaru yakni Pseudogobiopsis lumbantobing.

Spesies baru tersebut awalnya diekspor ke Eropa pada tahun 2001, kemudian para ahli akurium disana mengirim foto ke ahli ikan, Helen K. Larson untuk dilakukan identifikasi karena penasaran dengan jenis ikan tersebut. Peneliti tersebut mengalami kesulitan untuk identifikasi karena tidak ada spesimen yang tersedia untuk diteliti.

ikan baru, spesies baru, ikan Pseudogobiopsis lumbantobing
Pseudogobiopsis lumbantobing yang berada di akuarium.
Photograph by Christophe Maillet.


Pada saat Larson berkunjung ke Amerika Serikat pada tahun 2012, Larson bertemu dengan Daniel Lumbantobing, ahli ikan air tawar dari Indonesia yang sedang mengambil kuliah S3 di sana. Daniel Lumbantobing adalah mahasiswanya Lynne Parenti, ahli Ikan Amerika. Selama kuliah, beliau juga melakukan riset tentang ikan air tawar dan juga mengumpulkan berbagai ikan gobi dari Indonesia, termasuk ikan gobi jenis baru tersebut.

Setelah ity, pengumpulan spesimen ikan tersebut kemudian dilakukan pada tahun 2015 di sungai-sungai di Sumatra Selatan dan Banten. Setelah diteliti, ikan tersebut dinobatkan sebagai ikan jenis baru yang kemudian dipublikasikan pada tanggal 1 Juni 2017 di Jurnal Raffles Bulletin of Zoology.

Klasifikasi Ikan Pseudogobiopsis lumbantobing

Kingdom: Animalia
...Filum: Chordata
......Kelas: Actinopterygii
.........Ordo: Perciformes
............Famili: Gobiidae
...............Subfamili: Gobionellinae
..................Genus: Pseudogobiopsis
.....................Spesies: Pseudogobiopsis lumbantobing


Ciri Umum: Tubuh cukup ramping; memiliki dua sirip di bagian dorsal; sisik predosal berukuran besar dekat dengan belakang mata; rahang membesar pada jantan; memiliki 3 pori preopercular, bagian oculoscapular memiliki kanal, sedangkan pada operkulum tidak dijumpai pori maupun kanal; sebagian besar sisik tubuh ctenoid; duri di sirip dorsal pertama lebih panjang; pada jantan duri tersebut lebih panjang; terdapat lima bercak gelap memanjang di bagian sisi tengah tubuh; terdapat bintik hitam di belakang anus.

Pseudogobiopsis lumbantobing jantan (atas) dan betina (bawah).

Distribusi: Hanya diketahui di sungai air tawar di Sumatra Barat dan Jawa bagian barat (Banten). Beberapa spesimen akuarium yang dijual berasal dari Myanmar, namun belum bisa dipastikan. 

Ekologi: Air tawar, ditemukan di sungai dengan ketinggian 5 - 22 m, dengan subtrat pasir, kerikil, batu, alga dan macrophyte.

Etimologi: Pemberian nama spesies didedikasikan kepada Daniel Lumbantobing yang telah menunjukkan spesimen kepada peneliti.

Referensi:
Helen K. Larson, Renny K. Hadiaty and Nicolas Hubert. 2017. A new species of the gobiid fish genus Pseudogobiopsis ( Teleostei, Gobiidae, Gobionellinae) from Indonesia. Raffles Bulletin of Zoology 65: 175–180

Subscribe to receive free email updates: