logo

logo

Luskhan itilensis: Ahli Paleontologi Telah Mengidentifikasi Spesies Pliosaurus Baru

Reconstruction by Andrey Atuchin. Andrey-Atuchin.blogspot.com


Pliosaurus atau bisa dikenal sebagai pliosauroid adalah sejenis plesiosaur berleher pendek. Pliosaurus meruapakan reptil laut yang handal dalam berenang dibandingkan sepupu mereka yang berleher panjang.

Seperti yang dilansir dari laman Sci News (25/05/2017), makhluk ini bukan dinosaurus, tapi berkerabat dekat dengan kura-kura. Mereka memiliki empat sirip besar, kepala besar, rahang yang sangat kuat. dan gigi yang sangat besar. Ikan yang diburu adalah jenis dari moluska cephalopoda dan reptil laut lainnya.

Mereka hidup antara 220 juta tahun yang lalu pada periode Trias dan 70 juta tahun yang lalu periode Cretaceous. Kebanyakan mereka ditemukan di laut prasejarah Eropa. Pliosaurus yang baru diidentifikasi bernama Luskhan itilensis. Reptil laut itu hidup pada zaman Hauterivian periode Cretaceous sekitar 130 juta tahun yang lalu.

Tengkoraknya yang ditemukan hampir lengkap pada 15 tahun yang lalu oleh ahli paleontologi Dr. Gleb Uspensky dari Ulyanovsk State University.

"Tengkorak Luskhan itilensis panjangnya sekitar 5 kaki (1,5 m) dan menunjukkan seekor binatang besar. Tapi badannya sangat ramping, menyerupai hewan pemakan ikan yang memakan ikan seperti gharials atau beberapa spesies lumba-lumba sungai, "kata Dr. Valentin Fischer seorang peneliti di University of Liege Belgia.

"Kumpulan tengkorak tersebut meupakan fitur yang paling mencolok, karena hal tersebut menunjukkan bahwa pliosaurus menjajah rentang relik ekologis yang jauh lebih luas daripada yang diperkirakan sebelumnya."

"Dengan menganalisis dua dataset komprehensif yang menggambarkan anatomi dan ekomorfologi plesiosaurus dengan teknik mutakhir, kami mengungkapkan bahwa beberapa konvergensi evolusi terjadi selama evolusi plesiosaurus, terutama setelah peristiwa kepunahan yang penting pada akhir Jurassic 145 juta tahun yang lalu, "Kata periset tersebut.

"Temuan baru ini juga berakibat pada kepunahan terakhir dari pliosaurus, yang terjadi beberapa puluh juta tahun sebelum dinosaurus."

"Memang, hasilnya menunjukkan bahwa pliosaurus mampu bangkit kembali setelah kepunahan Jurassic terakhir, namun kemudian menghadapi kepunahan lain saat derada dalam dalam lautan purba, selamanya."

Penulis: Ahmad Edi Darmawan

Sumber: http://www.sci-news.com/paleontology/new-pliosaur-species-luskhan-itilensis-04892.html

Subscribe to receive free email updates: