Ciri-ciri, Klasifikasi, dan Manfaat Tanaman Zodia (Evodia suaveolens)


Tahukah Anda banyak sekali tanaman disekitar kita yang dapat dimanfaatkan keberadaannya. Tanaman Zodia merupakan salah satu tanaman yang dapat memberikan manfaat bagi kita. Tanaman yang berasal dari Papua ini banyak dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai pengusir nyamuk dan serangga. Cara pemanfaatannya yang terbilang cukup praktis serta ekonomis, hanya dengan mengusapkan daun Zodia ke sekujur tubuh sehingga tanaman ini sudah banyak dimanfaatkan oleh masyarakat di Papua.

Saat ini sudah banyak orang yang tertarik untuk menanam tanaman Zodia, karena keberadaannya yang sangat bermanfaat yaitu dapat mengusir serangga dan nyamuk. Bentuk batang tumbuhan yang cukup kecil dan tidak terlalu tinggi juga dapat dimanfaatkan sebagai tanaman hias. Kita bisa mendapatkan manfaatnya hanya dengan menanam tanaman Zodia di dalam pot dan diletakkan di dalam rumah. Pasalnya ketika daun-daun saling bergesekan akan menimbulkan aroma mirip dengan aroma jeruk yang tidak disukai oleh nyamuk.

Zodia merupakan tanaman biji berkeping dua (Dikotil) yang berasal dari suku jeruk-jerukkan (Rutaceae) memiliki tinggi rata-rata sekitar 75 cm. Memiliki bentuk daun pipih memanjang berkisar 2-30 cm serta warna hijau kekuning-kuningan. Tanaman asli dari Papua ini sudah banyak di budidayakan di beberapa daerah misalnya di Pulau Jawa. Tanaman Zodia ini tidak terlalu tinggi sehingga banyak diminati oleh banyak orang sebagai tanaman hias oleh karena itu saat ini keberadaannya cukup mudah ditemui diberbagai daerah.

Hasil sulingan minyak daun tanaman Zodia menghasilkan senyawa linalool yang dapat mengusir nyamuk dan serangga. Hal ini telah dibuktikan berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro). Selain itu aroma yang dikeluarkan oleh daun yang bergesekan tidak disukai oleh nyamuk sehingga cukup menanamnya saja di pot tanaman ini dapat mengusir nyamuk.

Sebenarnya banyak jenis tanaman di Indonesia yang dapat mengusir nyamuk diantaranya tanaman Geranium yang merupakan tanaman pengusir nyamuk yang juga banyak digemari, tetapi tanaman Zodia bisa tahan hidup lebih lama serta tidak memerlukan perawatan khusus.

Memperindah ruangan dengan tanaman Zodia kita bisa mendapatkan dua manfaat sekaligus yaitu sebagia tanaman hias juga sebagai pengusir nyamuk. Sepertinya bukan pilihan yang buruk memiliki tanaman Zodia di rumah. Selain cara penanamannya yang cukup mudah, tanaman Zodia ini tidak memerlukan perawatan yang khusus. Hanya menjaganya dengan memastikan tanah dalam kondisi yang lembab tidak kekeringan, Anda dapat menikmati khasiatnya disetiap saat.

Tanaman Zodia memiliki nama latin/ilmiah Evodia suaviolens dengan klasifikasi sebagai berikut:

Kingdom: Plantae
_Subkingdom: Tracheobionta
__Superdivisi: Spermatophyta
___Divisi: Magnoliophyta
____Kelas: Magnoliopsida
_____Subkelas: Rosidae
______Ordo: Sapindales
_______Famili: Rutaceae
________Genus: Evodia
_________Spesies: Evodia suaviolens

Penulis: Lilik Alfiani

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »