Ciri-ciri, Klasifikasi, dan Perilaku Burung Pelikan

apakah burung pelikan bisa terbang, tempat hidup burung pelikan, sebutkan ciri khusus burung pelikan, manfaat burung pelikan bagi manusia


Burung pelikan atau disebut juga burung undan merupakan burung air yang terdiri dari 8 spesies di dunia. Di Indonesia, burung pelikan ada 3 spesies namun burung pelikan yang sering dijumpai adalah Pelikan Australia atau Undan Kacamata dengan nama ilmiah Pelecanus conspicillatus

Ciri-ciri
Ciri fisik burung pelikan yakni memiliki ukuran sangat besar (150 cm), dengan didominasi warna bulu putih dan sisanya bulu warna hitam. Berat tubuh antara 4 - 13 kg dengan bentang sayap lebih dari 2 meter. Iris mata berwarna coklat, dan kaki berwarna biru redup.

Warna paruh merah muda atau kuning dan memiliki kantung paruh. Paruh burung pelikan merupakan paruh terbesar dalam semua kelompok burung di dunia. Fungsi paruh burung pelikan tersebut untuk mencari ikan.

Perilaku
Habitat burung pelikan pelikan menyukai kawasan di perairan tawar dan asin, danau dan sungai. Pada umumnya berkelompok namun kadang dijumpai sendirian. Karakteristik tempat hidup burung pelikan ini berupa tumpukan rumput dan serasah di atas permukaan tanah atau pasir. Bersarang secara berkelompok. Jumlah telur 1-4 butir (umumnya 2 butir) dengan ukuran 93 mm x 57 mm.

Makanan utama burung ini adalah ikan. Burung ini mencari makan dengan cara menyelamkan kepalanya sambil berenang di atas permukaan air. Burung ini bekerja secara berkelompok dengan membentuk barisan untuk menggiring ikan ke tempat yang dangkal. Terkadang burung ini juga dijumpai mencari makan sendirian.


Suara
Burung pelikan biasanya pendiam, namun pada masa berbiak memiliki suara “pip-pi-pi” dengan nada tinggi atau bersuara “pep-pep-perr” dengan nada rendah.

Penyebaran
Asal burung pelikan tersebut berasal dari Australia dan Tasmania. Burung ini juga tersebar meluas ke utara, hingga ke Papua serta ke Indonesia bagian barat dan Pasifik bagian barat daya. Pada waktu musim dingin, mereka berkunjung sampai Jawa dan Sumatera.

Klasifikasi
Kingdom: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Aves
Ordo: Pelecaniformes
Famili: Pelecanidae
Genus: Pelecanus
Spesies: Pelecanus conspicillatus


Status Konservasi
Status IUCN: Resiko Redah (Least Concern)


Status di Indonesia: UU No. 5/1990, PP No. 7/1999, Permen LHK No. P.20 / 2018


Referensi:

  1. Jr., John B. Dunning. 2007. CRC Handbook of Avian Body Masses, 2nd Edition. CRC Press.
  2. MacKinnon dkk. 2010. Burung-burung di Sumatra, Jawa, Bali dan Kalimantan. LIPI.

Bagikan Ilmu