Jenis-jenis Bunga Rafflesia di Indonesia

bunga rafflesia arnoldi, perbedaan bunga raflesia dan bunga bangkai, sejarah bunga raflesia arnoldi, asal bunga raflesia, manfaat bunga raflesia, bunga rafflesia merupakan flora endemik dari negara, deskripsi bunga raflesia arnoldi, rafflesia arnoldii


Bunga Rafflesia Bunga Padma merupakan tumbuhan yang memiliki karakter unik. Hal ini dikarenakan tumbuhan ini tersusun atas kuncup atau bunga mekar dan tidak memiliki batang, daun, serta akar. Selain itu, kuncup atau bunga Rafflesia dilengkapi haustorium, yakni jaringan yang memiliki fungsi seperti akar yang mengisap sari makanan hasil fotosintesis yang berasal dari tumbuhan inang.

Rafflesia termasuk tumbuhan holoparasit, yakni tumbuhan yang tidak bisa melakukan proses fotosintesa sendiri, melainkan tumbuhan yang tergantung kepada inang. Tumbuhan inang Rafflesia sangat spesifik, yaknit tumbuhna dengan genus Tetrastigma.

Botani Rafflesia yakni bersifat dioceous atau berumah dua, bunga jantan dan betina terletak di individu yang berbeda. Penyusun bunga Rafflesia terdiri atas perigon (perigone lobe) dengan bercak-bercak, diafragma. Di bagian permukaan bawah diaphragma, biasanya dijumpai jendela (windows) dan ramenta. Ramenta adalah struktur yang mirip seperti bulu dan pada umumnya tersebar dari bagian dasar tabung perigon bagian dalam sampai bagian bawah permukaan dalam diafragma.

Berdasarkan Integrated Taxonomic Information System (ITIS), terdapat 33 jenis Rafflesia yang ada di dunia, 14 diantaranya terdapat di Indonesia yang tersebar di Sumatra, Jawa, dan Kalimantan. Indonesia memiliki kekayaan Rafflesia paling banyak di dunia.

Berikut adalah jenis-jenis Rafflesia di Indonesia beserta distribusinya:
  1. Rafflesia bengkuluensis (Sumatra)
  2. Rafflesia micropylora (Sumatra)
  3. Rafflesia meijerii (Sumatra)
  4. Rafflesia kemumu (Sumatra)
  5. Rafflesia gadutensis (Sumatra)
  6. Rafflesia lawangensis (Sumatra)
  7. Rafflesia arnoldii (Sumatra)
  8. Rafflesia rochussenii (Sumatra ,Jawa)
  9. Rafflesia  patma (Sumatra ,Jawa)
  10. Rafflesia  zollingeriana (Jawa)
  11. Rafflesia  pricei (Kalimantan)
  12. Rafflesia  tuan-mudae (Kalimantan)
  13. Rafflesia  hasseltii (Sumatra, Kalimantan)
  14. Rafflesia  atjehensis (Sumatra)
  15. Rafflesia  witkampii (Kalimantan)
  16. Rafflesia  ciliata (Kalimantan)
  17. Rafflesia  borneensis (Kalimantan)

Untuk Rafflesia atjehensis dianggap sudah punah mengingat sejak tahun 1918 belum pernah ada laporan penemuan kembali, sementara untuk Rafflesia witkampiiRafflesia ciliata, dan Rafflesia borneensis secara taksonomi masih belum terverifikasi karena deskripsi yang digunakan berdasarkan herbarium yang belum lengkap.

Referensi:
Agus Susatya. 2011. Rafflesia: Pesona Bunga Terbesar di Dunia. Bengkulu: Direktorat Kawasan Konservasi dan Bina Hutan Lindung.

Bagikan Ilmu