6 Teknik Pemuliaan Tanaman

Pemuliaan tanaman adalah kegiatan mengubah atau memodifikasi susunan genetik baik suatau individu atau populasi tanaman untuk suatu tujuan tertentu.

Kegiatan pemuliaan tanaman sudah dilakukan sejak ribuan tahun yang lalu oleh manusia. Di masa kini, pemuliaan tanaman berbasis sains. 

Berikut adalah teknik-teknik yang digunakan untuk pemuliaan tanaman:



PERSILANGAN
Melakukan persilangan dengan gamet yang saling kompatibel yang masing-masing gamet berbeda sifat untuk menghasilkan varietas baru. Contoh: Apel dengan tekstur dan rasa yang lebih enak.


POLIPLOIDI
Teknik ini adalah menggandakan jumlah kromosom yang dapat mempengaruhi fertilitas tanaman. Contoh: semangka tanpa biji.


MUTAGENESIS
Menggunakan radiasi sebagai mutagen dengan tujuan menginduksi mutasi secara acak sehingga menghasilkan sifat yang diinginkan. Contoh: Jeruk bali memiliki warna yang lebih tajam.


FUSI PROTOPLAS
Teknik ini menggabungkan protoplas dari sel tanaman yang berbeda spesies. Contoh: menggabungkan protoplas kol ungu dengan lobak untuk menghasilkan tanaman hibrid.

TRANSGENIK
Menambahkan gen dari spesies lain untuk menghasilkan varietas dengan sifat baru. Contoh: Pepaya dilakukan modifikasi secara genetik yang tahan terhadap virus Papaya Ringspot.

EDIT GENOM
Dengan menggunakan enzim untuk memodifikasi DNA secara langsung di dalam sel. Contoh: Tanaman Canola dimodifikasi tahan terhadap herbisida.


Bagikan Ilmu